Senin, 22 November 2010

All About Lily Chou-Chou (2001)

Mungkin hal pertama yang membuat saya begitu tertarik dengan film ini adalah sinopsisnya. Sekilas saya menemukan adanya kesamaan cerita dengan macam cerita yang bisa kita temui di Serial Experiment Lain. Intinya: cerita tentang sekelompok remaja yang mencoba untuk membuat jalur utopis dengan cara mereka tersendiri (dan hei, bukankah memang itu spesialisasinya Jepang?).


Yep, All About Lily Chou-Chou memang kurang lebih bercerita mengenai sekelompok teen angster yang saling dihubungkan dengan satu jalur pelarian yang sama: Lily Chou-Chou. Lily Chou-Chou diceritakan adalah seorang penyanyi underground dengan fan base yang bisa dibilang sudah hampir menjadi satu sekte tersendiri.

Seperti standar fans musik kebanyakan, di forum tersebut mereka membicarakan bagaimana Lily Chou-Chou mengubah hidup mereka. Dan karena di internet kita bisa menjadi siapa saja, jadilah forum tersebut menjadi sebuah ajang pelarian. Sepanjang film kita akan disajikan usaha pembuktian Iwai bahwa: Homo Homini Lupus + cyber world + teens = doom.

Sepintas terdengar cliche (atau bahkan biasa?)? Tapi tampaknya 'biasa' bukan bakat Iwai. Masuk dari pertengahan ke akhir film, Iwai terus meletupkan kejutan-kejutan kecil, dan dengan berpedomankan sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, Iwai berhasil mempersembahkan ending yang spektakuler. Visual mendungnya yang melengkapi perambatan alurnya, suara angin yang lebih banyak dari dialog, karakter-karakter yang hanya terbagi ke dalam dua sifat buruk (menyedihkan dan mengesalkan). Iwai. You definitely broke my heart.

Simply 9 out of 10.


Last words: http://www.mediafire.com/?thtdiztnnyz
Enjoy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar