Sabtu, 04 September 2010

Fantastic Mr. Fox (2009)


Salah satu film animasi stop-motion terbaik yang pernah saya tonton. Diangkat dari buku cerita anak-anak karya Roald Dahl yang juga menulis Charlie & The Chocolate Factory.

Mr. Fox, seorang kepala keluarga yang perfeksionis, rapi dan lincah ingin hidupnya serba perfect demi membahagiakan anak istrinya. Dilakukanlah berbagai cara seperti mencuri dari 3 petani paling kejam di lingkungannya yaitu Boggis, Bunce dan Bean. Awalnya berjalan sempurna namun disaat mereka sedang menikmati hasil curiannya, para petani menyadari semuanya. Mereka mulai memburu Mr. Fox yang berimbas juga kepada kerabat-kerabat dekatnya. The rest silahkan kalian tonton sendiri hehe.

Ini adalah feature animasi pertama Wes Anderson yang telah sukses dengan film-film seperti The Royal Tennenbaums, The Life Aquatic With Steve Zissou dan lain-lain. Sangat kental aura Wes Andersonnya mulai dari segi storyline, sinematografi, scoring dan juga para castnya yang langganan seperti Owen Wilson, Bill Murray, Jason Schwartzman. Penggarapan film ini cukup unik seperti pada departemen voice-over, tidak dilakukan di dalam studio melainkan di set yang mirip dengan di filmnya (get it?) sehingga ambiencenya sangat terasa seperti ketika adegan Mr. Fox mengendarai sepeda motor, George Clooney melakukan take sambil mengendarainya. Sebuah terobosan jitu, unik dan menghibur dari Wes Anderson yang saya beri nilai 8.7 dari 10.


"Boggis, Bunce and Bean
One fat, one short, one lean
These horrible crooks
So different in looks
Were nonetheless equally mean"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar