Rabu, 15 September 2010

Airplane! (1980)


Bercerita tentang Ted Striker (Robert Hays) mantan pilot di zaman perang entah apa, menjadi trauma karena sebuah insiden pasca perang, yang menyebabkan ia menjadi takut dengan hal yang berhubungan dengan terbang dan memiliki drinking problem yang menyedihkan. Ted berhasil menyembuhkan sedikit kegalauannya akan penerbangan, demi mengejar kegalauan cintanya yang sekarang menjadi pramugari domestic flight. Dengan memberanikan diri untuk terbang di flight yang sama dengan Elaine Dickinson (Julie Hagerty) sumber kegalauannya.


Untuk menghilangkan kegalauan dan kekhawatirannya dalam penerbangan Ted Striker memberanikan diri untuk curhat kematian kepada penumpang di sebelahnya yang datang silih berganti setelah kematian korban curhatan sebelumnya. Di tengah penerbangan sebagian penumpang jatuh sakit, dan hal ini segera disadari oleh seorang dokter (yes, he's Leslie Nielsen!) yang kebetulan ada di dalam pesawat. Ok, ternyata mereka keracunan makanan yaitu ikan, sialnya para pilot crew, pilot Clarence Oveur (Peter Graves), dan co pilot nya yang diperankan oleh Kareem Abdul-Jabbar, juga menyantap ikan sebagai makan malam mereka. Para penyantap makanan akan kehilangan kesadaran mereka dan keracunan tersebut dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Dan di antara para penumpang hanya Ted yang mengerti cara menerbangkan pesawat (walau ia sudah 6 tahun tidak berada di dekat pesawat).

Film ini merupakan spoof dari berbagai macam film bergenre disaster pada zamannya dan merupakan versi (komedi) remake dari film Zero Hour! (1956) yang katanya Jim Abrahams "the serious version of Airplane!" Film ini disutradari juga oleh para writers nya, yaitu Jim Abrahams, David Zucker, dan Jerry Zucker. Diperankan oleh beberapa aktor yang sebenarnya adalah aktor film serius yang jauh dari kesan "haha". Dan di film inilah si Leslie Nielsen mulai dikenal dan menapaki karir sebagai aktor film komedi. Lawakan garing, mudah ditebak (yang menurut saya makin membuat lucu lawakannya) dan out of your mind ala 80'an, menghiasi film ini dengan indah dan menjadikannya penuh kegembiraan (iya mungkin film ini juga jadi salah satu sumber lawakan warkop dan teman teman kali ya). Di dalamnya juga banyak diselipi memorable quotes dan scenes yang menjadikan film ini salah satu legenda film komedi (selalu masuk 100 besar film komedi terbaik dan masuk 500 greatest movies of all time di berbagai media loh).

Looks like you picked the wrong week to quit watching comedies.

8.5/10

2 komentar: