Kamis, 11 November 2010

Kairo (Pulse) (2001)

Ketika musim hujan tengah berganti ke musim pre-pre-sale tiket inaff dan musim kawin (not for us though, huff), ada baiknya kita kembali menghibur diri dengan mereview film. Mari.


Mungkin ada yang sudah pernah mendengar judul film ini? Yep, pada tahun 2006 film ini pernah diremake di A.S.. Kairo sendiri sering disebut-sebut sebagai masterpiece dari Kiyoshi Kurosawa, salah satu sutradara film horor di Jepang. Dan sama seperti kebanyakan remake dari film Asia, film remakenya cuma menjadi another fail attempts.



Inti dari cerita Kairo kurang lebih membahas tentang kematian. Salah satu hooklinenya (yang juga adalah oversayed line di remakenya) adalah: do you want to meet ghosts?. Sama seperti remakenya, Kairo bercerita mengenai invasi hantu via internet.

Jangan bayangkan macam hantu facebook atau kaskus, invasi hantu yang dimaksudkan di sini tidak secara eksplisit muncul di monitor komputer. Dimulai dari satu forum di dunia maya yang dibuka dengan line: do you want to see ghosts?. Di luar harapan, yang ditampilkan di dalamnya bukanlah imej hantu macam primbon.com, tapi shots wajah orang-orang yang masuk ke dalam forum tersebut. Di tempat lain, Kudo (sebagai tokoh utama), mendapati dua orang temannya bunuh diri setelah dia jenguk karena berhari-hari tidak masuk kerja. Tunggu, mereka bahkan tidak bisa disebut bunuh diri karena tidak menyisakan mayat.

Tema dari film ini sebenarnya lebih dari sekedar manusia dikejar setan, film ini mencoba untuk mengangkat batasan antara dunia kita dan dunia mereka, tapi terutama: tema kesendirian sebagai bagian dari kematian.




Apa yang bisa saya katakan lebih lanjut? Saya jatuh cinta dengan environment yang dibangun Kiyoshi. Dan jangan harapkan hantu yang mengagetkan, sering muncul, apalagi membunuh, pada dasarnya Kiyoshi hanya mencoba untuk membangun kondisi yang membuat korbannya dengan sukarela bergabung menjadi hantu juga. Direkomendasikan untuk kamu yang bosan dengan sinar matahari.

8/10

2 komentar:

  1. Saya pengen nonton. Apalagi temanya cukup menarik. sayang gak nemu VCD-nya di rental langgangan. Yang ada cuma versi remakenya.

    Overall, nice review.

    BalasHapus
  2. wah ini pun sy dapat karena si bos berhasil menemukan tmpt dvd bajakan baru. mungkin bisa dicari dengan diunduh (via googling). terima kasih lho pujiannya.

    BalasHapus